Tips Memanfaatkan Uang THR agar Bermanfaat

Selamat THR sudah cair ! Anda ingin menggunakannya untuk apa? kaos? Keranjang hadiah? Paket merah untuk anak atau keponakan? atau untuk mengirim orang tua?

Tunjangan Hari Raya atau yang lebih dikenal dengan THR memang menjadi salah satu hal yang paling penting dan ditunggu-tunggu oleh karyawan menjelang Hari Raya. Bagaimana itu bisa terjadi? Jumlah ini – biasanya benar – sangat besar. Biasanya ada setidaknya satu gaji pokok.

Tahukah kamu? Padahal, Indonesia adalah satu-satunya negara yang memiliki tradisi THR menjelang hari raya keagamaan. Bahkan ada undang-undang resmi. Di negara lain, tradisi ini tidak ada! apa artinya? Sangat berterimakasih!

Lantas, apa saja bentuk syukur itu? Tentunya dikelola dengan baik dan tidak disia-siakan, apalagi untuk memenuhi keinginan sesaat.

Oleh karena itu, THR, besar atau kecil, perlu dikelola dengan bijak dan hati-hati. Jangan lakukan itu tanpa memberi Anda keuntungan. Yuk, simak beberapa postingan dan tips mengelola THR agar liburanmu tahun ini lebih bermakna tanpa ribet.

Ada beberapa posisi yang bisa diisi dengan THR. Karena THR adalah jumlah yang wajar dan dikeluarkan setiap tahun, insentif ini digunakan terutama untuk memenuhi kebutuhan tahunan, yang biasanya dalam jumlah yang wajar. Misalnya, beberapa pajak ditagih setiap tahun dan harus disiapkan dengan benar. Dana THR dapat menjadi sebagian sumber alokasi pendanaan untuk posisi pajak ini.

THR juga dapat digunakan untuk membayar premi tahunan. Ada juga premi tahunan yang harus disetorkan sesuai dengan perjanjian polis. Pikirkan tentang itu, ya.

Jabatan yang juga bisa diisi dengan uang THR antara lain cicilan utang terutama utang kartu kredit. Jika sudah meningkat, inilah kesempatan Anda untuk meringankan beban utang Anda sekarang. Hidup tanpa hutang sangat mudah!

Jika sebagian dana tersebut juga digunakan untuk investasi, tentunya dana THR juga lebih bermanfaat. Kendaraan investasi apa yang Anda miliki? Reksa dana, saham, emas? Anda juga dapat melakukan distribusi jika Anda memiliki bentuk investasi lain.

Jadi, apa artinya tidak berbelanja? Belanja tidak dilarang. Juga direkomendasikan! Selain belanja, perekonomian negara juga terus berfungsi dan tumbuh.

Tapi bagaimana Anda pergi berbelanja, tetapi uang THR tidak hanya fluktuatif? Ikuti tips ini.

1. Prioritas
Ingat prinsip kebutuhan dan keinginan. Mana yang harus didahulukan? Terkadang keduanya adalah pilihan yang sulit. Namun, meskipun uang THR banyak, tetap tidak mungkin kita menggunakannya untuk memenuhi semua keinginan kita. Buatlah daftar prioritas kebutuhan. Kebutuhan setiap orang mungkin berbeda. Jadi Anda tidak perlu membandingkannya dengan kebutuhan orang lain.

2. Cadangan dan pengeluaran sesuai prioritas
Mungkin prioritas Anda di musim liburan ini adalah biaya mudik. Pasalnya, Anda mungkin tidak pulang selama 2 tahun, sehingga tahun ini Anda merasa wajib untuk pulang. Di sini, Anda mungkin harus membayar tiket transportasi, suvenir, dan tunjangan keponakan.

Buat batasan anggaran untuk menghindari penggunaan yang berlebihan. Misalnya souvenir hanya Rp. 500.000. Satu amplop merah keponakan cukup untuk 10 keponakan 1.000.000 rupiah. Jika tidak mampu, Anda bisa mengurangi atau membeli pernak-pernik lucu sebagai pengganti bungkusan merah.

Setelah mengurutkan prioritas tertinggi, Anda dapat pergi ke prioritas berikutnya secara berurutan. Beradaptasi dengan lingkungan, kebutuhan dan kemampuan. Tetapkan batas anggaran untuk setiap prioritas. Ini penting agar Anda tidak mengeluarkan uang terlalu banyak.

3. Manfaatkan diskon, promosi, dan program ekonomi lainnya
Menjelang hari raya, biasanya ada berbagai promosi di banyak toko. Anda dapat menggunakannya untuk mengurangi pengeluaran. Tapi ingat, kembali ke hal yang penting. Berbeda dengan “aji sementara”.

Aji tiba-tiba ada rasa nak beli baju raya saat sale atau sale. Alhasil, tanpa rencana belanja pakaian, Anda malah membeli pakaian meski tidak terlalu dibutuhkan. Itulah perbedaan antara promosi dan diskon yang dirancang untuk mengurangi pengeluaran dan yang benar-benar membuat Anda bahagia.

THR diberikan secara khusus agar bisa digunakan untuk kebutuhan liburan. Mari kita kelola dan gunakan dengan bijak agar tidak hanya digunakan untuk liburan, tetapi juga untuk memenuhi prioritas lainnya.