Ide Usaha Yang Menjanjikan di Tahun 2022

Anda benar-benar dapat menggunakan momen pemulihan ekonomi ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kini bukan saatnya Anda hanya mengandalkan pendapatan satu pintu berupa upah. Pandemi seharusnya bisa memberi kita banyak pelajaran finansial, salah satunya tentang pentingnya mendapatkan penghasilan tambahan.

Diluncurkan dari berbagai sumber, pada tahun 2022, kancah startup diharapkan perlahan mulai tumbuh seiring dengan semakin terkendalinya pandemi. Anda dapat mencoba beberapa bisnis yang menjanjikan peningkatan pendapatan.

Di bawah ini adalah daftar bisnis yang menjanjikan yang dapat Anda gunakan sebagai referensi untuk menambah penghasilan Anda.

1. Bisnis kebun organik

Bisnis tanaman organik dapat memberi Anda penghasilan tambahan yang cukup besar! Menanam tanaman organik adalah salah satu kegiatan yang lebih populer selama pandemi COVID-19. Dengan tumbuhnya budaya hidup sehat, mencoba bercocok tanam di sekitar rumah juga merupakan ide bisnis yang menjanjikan.

Sayuran dan buah-buahan organik dianggap lebih padat nutrisi. Contoh tanaman organik yang bisa ditanam di halaman belakang rumah Anda antara lain kangkung, kangkung, paprika, caisim, bayam, bok choy, tomat, rujak, gaharu, mentimun, brokoli, dan pare.

2. Makanan sehat

Makanan sehat adalah makanan yang menyediakan hidangan dengan kandungan gizi sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Melihat perkembangan gaya hidup sehat saat ini, membuka restoran sehat bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan. Sebelumnya, hanya orang dengan kondisi medis tertentu yang boleh makan makanan sehat. Namun kini, masyarakat umum mulai menyadari pentingnya mengonsumsi menu yang lengkap dan seimbang setiap hari. Menarik, bukan?

3. Bergabunglah dengan waralaba

Anda juga bisa mencoba menjadi mitra franchise untuk menambah penghasilan usaha sampingan Anda. Pemberi Waralaba adalah orang perseorangan atau badan usaha yang telah diberikan hak untuk menggunakan waralaba oleh pemberi waralaba. Jadi Anda tidak perlu repot membangun bisnis Anda dari awal. Anda hanya perlu membeli waralaba untuk memulai bisnis.

4. Bisnis toko online, reseller atau direct seller

Anda yang sedang mencari ide bisnis yang menjanjikan untuk tahun 2022 juga bisa menjadi reseller atau direct seller.

Bisnis dropship adalah model penjualan barang secara online tanpa mengeluarkan banyak uang. Pengecer, di sisi lain, adalah model yang menjual barang dengan sedikit uang tetapi dapat menghasilkan uang. Biasanya, dealer mendapatkan keuntungan dari perbedaan antara harga yang mereka jual ke konsumen dan harga yang mereka beli dari pemasok.

5. Menjual produk digital: e-book, e-kursus, dll.

Ide Cuan selanjutnya adalah menjual berbagai macam produk digital. Produk digital adalah semua produk dalam format file, baik yang dijual maupun tidak. Contoh produk digital yang dapat diperdagangkan antara lain eBook, tema wordpress, elemen desain grafis, situs keanggotaan, tiket online, e-kursus.

6. Toko Hewan Peliharaan

Memulai bisnis pet store juga merupakan ide peluang bisnis untuk menambah penghasilan Anda. Selain itu, semakin banyak spesies hewan yang dipelihara. Mulai dari anjing, kucing, berbagai reptil, hamster, sugar glider, landak mini, marmut, dan banyak lagi.

Orang tua angkat hewan peliharaan ini pasti menginginkan “anak-anaknya” sehat dan rapi. Jadi, kamu tidak hanya bisa menyalurkan hobimu, tapi kamu juga bisa menghasilkan uang dari bisnis pet store yang kamu bangun.

7. Jual NFT

Baru-baru ini, NFT berhasil menjadi pembicaraan di kota. Kemunculan pemuda bernama Ghozali yang menjual foto selfie NFT selama 5 tahun dan menghasilkan miliaran rupiah membuat resah masyarakat Indonesia.

NFT adalah aset digital untuk karya seni, musik, video, atau item dalam game. Aset ini dapat diperdagangkan secara online dalam cryptocurrency melalui teknologi blockchain. Ciptakan karya berharga dan pasarkan melalui situs perdagangan NFT.

8. Pemasaran Digital Independen

Seperti yang Anda ketahui, pemasaran digital bisa menjadi bidang uang. Selain itu, seiring berkembangnya teknologi, kualitas produk harus diimbangi dengan promosi yang baik untuk menarik konsumen.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki kemampuan promosi yang mumpuni, Anda bisa memberikan layanan digital marketing kepada para pelaku UKM, mulai dari layanan penanganan media sosial hingga strategi pemasaran produknya.

9. Pemasaran Afiliasi

Affiliate marketing adalah sistem bisnis dengan menawarkan komisi kepada mereka yang berhasil menjual produk merchant atau perusahaan.

Anda bisa menjadi pemasar tanpa memikirkan proses produksi dan pengiriman. Hanya dengan internet dan keterampilan promosi yang baik, Anda dapat mengubah aktivitas ini menjadi penghasilan tambahan Anda.

Itu adalah rangkaian bisnis yang menjanjikan yang patut untuk kita coba.