Mengajarkan Anak Gemar Menabung Sejak Dini

Mengajarkan anak untuk gemar menabung sejak dini tentu menjadi hal yang perlu dipahami orang tua. Mengajarkan anak berhemat sejak dini merupakan hal yang sangat positif yang kemudian dapat menjadi pola kebiasaan bagi mereka untuk menentukan kehidupan dan prestasi masa depan mereka. Tentu bukan tugas yang mudah untuk mengajari anak menabung. Pikiran untuk datang lebih awal pasti membuatnya hanya berpikir untuk bermain. Situasi seperti ini jelas menjadi tantangan bagi orang tua Anda untuk dapat membimbing anak Anda dalam melakukan persiapan keuangan sejak dini.

Ada beberapa cara untuk membuat anak Anda jatuh cinta dengan menabung. Berikut tiga cara mengajari anak menabung, antara lain:

1. Beri dia pemahaman sederhana tentang uang
Tentu saja, mengajari anak-anak tentang uang bukanlah tugas yang mudah. Mulai dari jenis, jumlah dan pendapatan mata uang itu sendiri. Oleh karena itu, memberikan pemahaman kepada anak tentunya harus mudah dipahami. Memberinya informasi tentang uang dan untuk apa uang itu digunakan akan memungkinkannya memahami uang secara perlahan.

2. Jelaskan padanya manfaat menabung
Menabung tentunya dapat memberikan banyak keuntungan finansial, menunjang segala kebutuhan anak itu sendiri. Misalnya, dengan deskripsi sederhana, dengan tabungan, dia akan bisa membeli robot atau boneka yang dia sukai. Tentu saja, ketika dia sampai pada tahap itu, keinginannya untuk menyelamatkan akan kembali. Namun, bukan lagi dalam lingkup membeli mainan, tapi bagaimana ia mewujudkan keinginannya dengan uang yang ditabung sejak kecil.

3. Beri dia bank tabungan yang lucu
Anak-anak tentu saja sama dengan segala hal yang bisa menarik secara psikologis. Jadi berikan celengan dalam bentuk yang lucu dan aman berdasarkan pengertian yang Anda sampaikan tadi. Dia juga akan dapat mengetahui fungsi celengan, memberinya lebih banyak insentif untuk mengumpulkan uang yang dia hasilkan. Dengan cara ini, Anda juga dapat berhasil mempelajari cara mengajar anak Anda menabung untuk anak Anda.

4. Buka rekening tabungan di bank
Jika anak sudah mulai disiplin menabung, kita bisa membuka rekening tabungan di bank atas namanya sendiri. Saat ini, banyak bank mulai menawarkan rekening tabungan khusus untuk anak-anak dengan kartu karakter kartun dan buku tabungan. Kapan pun anak Anda dapat menyimpan uang di bank, jangan lupa untuk menjadwalkannya secara teratur. Tunjukkan saldo mereka sehingga anak-anak tahu bahwa mereka akan bekerja lebih keras untuk menabung ketika tabungan mereka meningkat.

5. Berikan contoh
Cara terbaik untuk mengajari anak sesuatu adalah dengan memberi mereka contoh. Sebelum membuka rekening tabungan untuk anak Anda, bawalah dia ke bank selalu saat kita menabung. Tunjukkan padanya uang yang kita dapatkan di bank dan buat dia tertarik untuk mulai menabung juga. Atau tunjukkan aksi menabung Anda tanpa ragu dan biasakan si kecil untuk menabung sejak kecil juga. Untuk meningkatkan semangatnya, Anda juga bisa memberinya sejumlah uang untuk dimasukkan ke dalam tabungannya.

6. Sisihkan uang saku
Untuk “memaksa” anak agar hemat, sisihkan sedikit uang jajan yang kita berikan kepadanya setiap hari atau setiap minggu. Namun, anak kita harus mengetahui pengurangan ini agar dia mengerti dan menerima pengurangan uang jajan. Untuk memberi tahu dia manfaat menabung, kurangi barang-barang yang dia butuhkan (misalnya buku, pulpen, pensil) dari uang saku yang kita kumpulkan. Setelah memahami bahwa tabungan dapat membeli apa yang Anda butuhkan, pastikan si kecil akan berinisiatif untuk menyisihkan uang jajannya.

Ini adalah tip sederhana untuk mengajar anak-anak menabung sejak dini, dan saya harap ini berhasil untuk Anda dan anak Anda.