Tips Menghafal Agar Cepat Ingat

Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita membutuhkan kemampuan membaca dan daya ingat yang baik, baik itu menghadapi ujian sekolah, bahan presentasi di kampus, tips memulai bisnis, dll. Berikut beberapa tips cepat menabung:

Tulisan tangan
Trik memori cepat pertama adalah tulisan tangan. Kegiatan menulis membawa kejelasan fungsi otak yang berkaitan dengan kemampuan mengingat dan memahami pelajaran, kata Kenneth Curra, psikolog pendidikan di University of Nebraska.

Peta pikiran
Sebuah peta pikiran adalah visual, peta pikiran organisasi ide dan konsep. Teknik ini pertama kali diusulkan oleh psikolog Tony Buzan dari Inggris. Menggunakan metode memori peta pikiran memastikan pemahaman dan memori topik yang lebih kuat. Hal ini tentunya akan memudahkan kita untuk mengingatnya karena kita fokus pada poin-poin utama dan merangkumnya dalam peta konsep yang sederhana.

Metode jembatan keledai
Mungkin metode ini digunakan oleh banyak siswa ketika mereka harus menghafal bahasa asing yang sulit. Jembatan keledai dikenal efektif membantu otak mengingat dengan cara yang lebih menarik. Dalam perkembangannya, Donkey Bridge juga menggunakan gambar dan objek lain, seperti tangan, yang kemudian disebut sebagai visual mnemonics, sesuai dengan literasi remaja. Contoh penggunaan metode ini adalah mengingat huruf pertama setiap kata dalam frasa. Kemudian gabungkan set huruf pertama menjadi kata atau kalimat baru. Contohnya adalah susunan warna pelangi “mejikuhibiu” yang artinya merah, jingga, kuning, hijau, biru, dan ungu. Juga, kita dapat melihat penerapan teknik ini ketika kita mencoba menghafal tabel periodik unsur.

Poin Penting
Teknik paling mudah untuk menghafal cepat adalah dengan menuliskan kata-kata kunci atau poin-poin penting dari sebuah bacaan atau presentasi yang menurut Anda penting. Anda dapat merekamnya di selembar kertas atau di aplikasi pencatat di ponsel cerdas atau tablet Anda, dll. Namun seperti metode pertama, para peneliti di University of Washington menemukan bahwa orang yang mencatat dengan tangan memiliki ingatan yang lebih baik. Nah, jika Anda membuat catatan di selembar kertas atau buku catatan, tulislah dengan menggunakan spidol warna dan warna di setiap kata kunci atau fokus agar lebih mudah diingat dan disimpan di memori otak Anda.

Merekam
Orang belajar secara berbeda. Untuk tipe belajar mendengarkan ini, Anda akan lebih mengerti ketika mendengarkan penjelasan orang lain. Nah, kamu bisa merekam suara guru saat guru sedang menjelaskan. Kemudian Anda dapat mendengarkan rekaman itu berulang-ulang. Cara lain adalah dengan merekam suara Anda. Saat merekam materi, Anda dapat menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Selain memudahkan Anda dalam belajar, Anda juga dapat melatih keterampilan berbicara Anda.

Visualisasi
Metode ketujuh untuk memori cepat adalah visualisasi. Padahal, otak kita lebih cepat dalam mengingat atau mengingat hal-hal visual. Nah, Anda bisa menggunakan metode quick save ini. Misalnya, Anda ingin mengingat seri mobil bermerek. Gambarlah mobil (atau Anda dapat mencari di internet dan mencetaknya). Lakukan cara ini sesering mungkin, tempelkan di tempat yang sering Anda lihat, alam bawah sadar Anda pasti akan lebih mudah diingat.

Membuat Tes
Anda dapat meminta ibu, ayah, saudara laki-laki atau perempuan untuk mengajukan pertanyaan dari pelajaran yang dicatat dalam buku. Metode ini terdengar seperti sebuah aktivitas untuk menjawab soal latihan, namun dikemas dengan cara yang jauh lebih menyenangkan. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah mengingat jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh orang-orang di sekitar Anda. Siapa tahu mereka menanyakan pertanyaan yang sama yang ada di kertas ujian.

Siapkan meja belajar
Temukan tempat yang menyenangkan untuk membaca ulang apa yang Anda pelajari di kelas. Anda dapat memilih untuk membaca di tepi kolam yang tenang dengan suara gemericik air atau di kafe yang tenang. Suasana nyaman dan menyenangkan untuk merilekskan otak dan mencerna apa yang dibaca dengan mudah